Kegiatan Workshop Penulisan Soal Ujian Dan Sosialisasi Akm Untuk Guru SMAN 7 Banjarmasin Tahun 2021

Selamat datang di Website SMAN 7 Banjarmasin.
Komunitas SMAN 7
 

TV CHANNEL
SMAN 7 BANJARMASIN

TV SMAVEN

Situs Pilihan
Web Statistik
Total Pengunjung :
754349
Kunjungan Hari Ini :
20
Pengunjung Online :
2
Terakhir Update :
02-07-2021
 
01 Maret 2021

Kegiatan Workshop Penulisan Soal Ujian Dan Sosialisasi Akm Untuk Guru SMAN 7 Banjarmasin Tahun 2021

Kabid. BIna SMA Disdikbud prov. Kalsel Bapak Muhammadun, Aks, M. Ikom memeberikan kata sambutan pada acara pembukaan WORKSHOP PENULISAN SOAL UJIAN DAN SOSIALISASI AKM UNTUK GURU SMAN 7 BANJARMASIN TAHUN 2021

HOTS awalnya dikenal dari konsep Benjamin S. Bloom dkk. dalam buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956) yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Konsep ini merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam tiga ranah, yaitu Kognitif (keterampilan mental seputar pengetahuan), Afektif (sisi emosi seputar sikap dan perasaan), dan Psikomotorik (kemampuan fisik seperti keterampilan). Demikian yang disampaikan Bapak Tumiran, S. Pd, M.M selaku Nara Sumber pada acara yang bertajuk “WORKSHOP PENULISAN SOAL UJIAN DAN SOSIALISASI AKM UNTUK GURU SMAN 7 BANJARMASIN TAHUN 2021”.

Acara ini dibuka oleh Kabid. Bina SMA Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan Bapak Muhammadun, Aks. M.Ikom, dalam kata sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam penyusunan soal agar jangan sampai mengandung unsur SARA, Pornografi dan Radikalisme, yang kedua ditekankan kepada para guru untuk membuat soal yang inovatif dan analistis karena hal ini penting unutk perkembangan pola pikir siswa atau peserta didik. Berlangsung dalam suasana penuh keakraban beliau sempat melemparkan pertanyaan kepada peserta seputar materi belajar siswa khususnya bidang sosial, beliau mencoba untuk memberikan contoh sederhana bagaimana bentuk soal HOTS. Pertanyaan tersebut dijawab oleh beberapa peserta dan yang membuat suasana lebih meriah, beliau memberikan hadiah pada beberapa peserta yang bisa menjawab petanyaan yakni berupa uang sebesar Rp 50.000.-.

Untuk memberikan semangat kepada para peserta Kabid. Bina SMA Disdikbud prov. Kalsel Bapak Muhammadun, Aks, M. Ikom memberikan hadiah kepada peserta yang bisa mejawab pertanyaan yang beliau ajukan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaiakn materi oleh Nara Sumber kegiatan tersebut. Acara yang juga didampingi oleh Koordinator Pengawas Pembina SMA Propinsi Kalimantan Selatan Bapak DR. H. Eddy Khairuddin, ME ini selain membahas tentang penulisan soal ujian selanjutnya juga disampaikan tentang sosialisasi AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum. Bapak Edi Haryanta, M. Pd selaku koordinator kegiatan ini menjelaskan “Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan AKM (Asesmen Komepetensi Minimum) yang bertujuan unutk memberikan pemahaman kepada guru-guru SMAN 7 Banjarmasin bahwa kedepannya pemerintah meniadakan ujian nasional yang diganti dengan Asesmen Nasional yang kemungkinan akan dilaksanakana pada bulan September 2021.

Berikutnya Kegiatan Workshop Penulisan Soal Berkaitan dengan akan dilaksanakannya Ujian Sekolah untuk siswa-siswi kelas XII yakni pada akhir bulan Maret 2021, dalam rangka menyegarkan kembali pengetahuan guru-guru tentang kaidah penulisan soal yang baik maka dilaksanakanlah kegiatan ini, kemudian output dari kegiatan workshop ini adalah para guru akan menyiapkan soal untuk dipakai pada ujian sekolah bagi siswa kelas XII nantinya”. Demikian Kata Bapak edi Haryanta, M. Pd. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dunia pendidikan khususnya di SMAN 7 Banjarmasin. Terima kasih. (agung_w)